RSS

_____________________________________________________

Macam-macam Clay

Seperti post yang sebelumnya clay secara umum adalah tanah liat, namun selain terbuat dari tanah liat, clay juga ada yang terbuat dari bermacam-macam bahan tetapi adonannya memiliki sifat seperti clay (liat / dapat dibentuk).
Berikut adalah macam-macam Clay:
 
1. Clay Malam
Clay malam adalah clay yang terbuat dari malam/lilin yang bersifat lunak dan tidak akan mengeras. Ini juga termasuk ‘keluarga’ clay, biasanya untuk mainan anak-anak, banyak dijual di toko-toko buku bermacam-macam warna dan mudah dibentuk.

2. Plastisin Clay
Plastisin Clay adalah clay yang terbuat dengan bahan utama plastisin/lilin. Hampir sama dengan Lilin malam hanya saja tidak selunak lilin malam dan lebih mantap bentuknya (lebih keras dibandingkan lilin malam)

3. Paper clay
Peper clay adalah clay yang terbuat dari bubur kertas, kebanyakan dijual dengan warna putih dan ada juga dengan campuran gips (seperti kapur). Hasil akhirnya keras dengan cara diangin-anginkan dan di cat diberi warna (dapat juga sewaktu diulenin langsung ditambah warna).

4. Clay Tepung
Clay tepung adalah clay yang terbuat dengan bahan utama tepung dengan campuran lainnya, dapat dibuat sendiri dan cukup mudah dikerjakan bersama anak-anak.

Bahan yang diperlukan:
  • Tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras
  • Lem kayu
  • Sedikit natruim benzoat/pengawet makanan atau Borax
  • Cat poster/akrilic/cat air

5. Clay Roti
Clay roti adalah clay yang terbuat dengan bahan utama roti, juga dapat di buat sendiri dari sisa-sisa roti.

Bahannya:
  • Roti tawar (angin-anginkan dulu agar teksturnya agak kering)
  • Lem kayu
  • Minyak sayur
  • Sedikit natruim benzoat/pengawet makanan atau Borax (tidak wajib)
  • Cat poster/acrilic/cat air

6. Jumping Clay
Jumping clay adalah clay yang jika diangin-angin kan akan kering dan tidak dapat diolah lagi, hanya saja jadinya ringan seperti gabus. Dijual dengan berbagai macam warna didalam kantung alumunium foil (biasanya) cocok untuk dibuat menjadi boneka-boneka hewan atau manusia kecil.

7. Air Dry Clay
Air Dry Clay adalah clay yang memiliki sifat hampir sama dengan jumping clay, hanya saja bentuk akhirnya lebih padat. Dijual dengan berbagai macam warna dan dibungkus dengan plastik kedap udara (biasanya). Cocok untuk membuat miniature buah-buahan, sayuran, makanan atau lainnya.

8. Polymer Clay
Clay polymer adalah clay yang paling mahal yang terbuat dari gerabah, keramik batu, porselin, Keramik. Clay ini masih langka di Indonesia. Proses pengeringannya dengan cara di oven.

9. Clay Asli (Tanah Liat/Keramik)
Clay tanah liat adalah clay yang terbuat dari tanah liat dan ini adalah clay asli dari alam untuk membuat tembikar. Cara pengeringannya setelah diangin-angin dibakar kedalam tungku.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

manteb blognya thanks infonya
blokwalk in www.dapurseni.blogdetik.com


thanks

Unknown mengatakan...

Thanks Kaka :)